Rabu, 17 Oktober 2012

KERAJAAN PEJANGGIK


KERAJAAN PEJANGGIK 
A.       BERDIRINYA PEJANGGIK 
Selain kerajaan Selaparang yang memiliki jangkauankekuasaan relatif luas di Gumi Sasak, terdapat pula kerajaanPejanggik. Di sisi lain, berdirinya kerajaan Pejanggik lebihdisebabkan karena kerajaan Selaparang yang dianggap mampumengayominya ternyata tidak mampu menjalin hubungan yangharmonis dengan wilayah sekitar. Maka kerajaan Pejanggik punmelepaskan diri dari Selaparang.Berbeda dengan Selaparang yang merupakan daerah pesisir,maka Pejanggik merupakan kerajaan yang berada di wilayah pedalaman. Kerajaan Pejanggik yang terletak di daerah pedalaman memang cenderung statis, akan tetapi kondisinya lebih tenang dan penuh dengan kewibawaan. Daerah kekuasaan Pejanggik meliputi pantai barat sampai pantai timur pulau Lombok, dari Belongas hingga Tanjung Ringgit. Berdirinya kerajaan Pejanggik bermula dan menyepinya Deneq Mas Putra Pengendengan Segara Katon ke daerah Rambitan. Beliau didampingi oleh putranya, Deneq Mas Komala Sempopo, yang kemudian menurunkan raja-raja Pejanggik. Dari keturunan Deneq Mas Komala Dewa Sempopo inilah pada generasi kelima menurunkan Deneq Mas Komala Sari. Kemudian Deneq Mas Unda Putih pada generasi keenam dan dilanjutkan oleh Deneq Mas Bekem Buta Intan Komala Sari pada generasi ketujuh. Kakak Deneq Mas Bekem Buta Intan Komala Sari yang bernama Pemban Mas Aji Komala dilantik sebagai raja muda dan mewakili Gowa di Sumbawa pada tangga130 November 1648M. Sejak itulah tercatat bahwakerajaan Pejanggik mulai mengalami perkembangan.

B.BERKEMBANGNYA PEJANGGIK 
Kerajaan Pejanggik mengalami perkembangan yang semakin pesat setelah bertahtanya Pemban Mas Meraja Sakti. Beliau kawin dengan putri Raden Mas Pamekel (Raja Selaparang) bernama Putri Mas Sekar Kencana Mulya. Dewa Mas Pakel sebagai raja diSelaparang menyadari kekeliruannya selama ini yang terlalu banyak memperhatikan Sumbawa dan melupakan Pejanggik yangmerupakan saudaranya. Selanjutnya raja Selaparang menyerahkan berbagai benda pusaka dalem ke Pejanggik yang merupakan pertanda bahwa Pejanggik menjadi penerus misi pemersatu di Gumi Sasak.Hal ini membuat raja muda Raja Mas Kerta Jagat yang merupakan pengganti selanjutnya di kerajaan Selaparang semakin tersinggung. Bergabungnya Arya Banjar Getas membuat Pejanggik semakin kuat. Tetapi hal ini justra menyebabkan semakin renggangnya hubungan antara Selaparang-Pejanggik. KerajaanPejanggik pun mempersatukan kerajaan-kerajaan kecil lainnya seperti Langko, Sokong,  Bayan, Tempit dan Pujut. Kerajaan lainnya dijadikan kedemungan dengan gelar kerajaan seperti Datu Langko, Datu Sokong, Datu Pujut dan lain-lainnya. Sedangkan raja Pejanggik sendiri memakai gelar yang sama dengan kerajaan Selaparang yaitu Pemban. Semua. itu juga merupakan basil kepiawaian Arya Bonjar Getas dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam peperangan. la pun mendapat gelar tanirihan yaitu "Surengrana" dan "Dipati Patinglanga". Secara bertahap, strategi-strategi yang digunakan oleh AryaBanjar Getas adalah sebagai -berikut:1.Melakukan konsolidasi ke dalam Pejanggik.
2Mengisolir Selaparang dengan mendekati kerajaan-kerajaan keluarga Bayan.
3Menggerogoti kerajaan Selaparang dengan menguasai wilayahseperti Kopang, Langko, Rarang, Suradadi, Masbagik, Dasan Lekong; Padamara, Pancor, Kelayu, Tanjung. Kalijaga, barukemudian masuk ke Selaparang. Arya Banjar Getas melakukan sebuah strategi konsolidasi dengan menyerahkan keris sebanyak 33buah kepada raja Pejanggik,lalu mengarak berkeliling dan menyerahkannya kepada para prakanggo untuk kemudian ditukar dengan keris pusaka masing-masing. Penukaran tersebut merupakan suatu bentuk kesetiaan dan loyalitas tunggal kepada raja Pejanggik. Keberhasilan Arya Banjar Getas melakukan berbagai gerakan tersebut langkah demi langkah disebut Politik Rerepeq. Bila ditinjau dari segi kekuasaan, kerajaan Pejanggik sangat solid, akan tetapi langkah-langkah yang ditempuholeh Arya Banjar Getas dianggap merombak tatanan hubungan yang sudah merupakan budaya turun-menurun.
C. KERUNTUHAN PEJANGGIK 
Pada generasi ke sembilan, tahta dilanjutkan oleh PembanMas Komala Kusuma. Nampaknya beliau lebih banyak berperan sebagai seorang ayah yang baik ketimbang seorang raja yang mampu membawa Pejanggik menjadi kerajaan yang maju. Pemban Mas Komala Kusuma memang banyak memperingatkan putranya (Meraja Kusuma) atas ancaman Selaparang karena terlalu kagum dan terpesona, dengan patih Arya Sudarsana yang datang membawa 33 keris sebagai tanda setia dan siap mengabdi untuk kebesaran Pejanggik. Pemban Mas Meraja Kusuma berhasrat melamar putri dari kerajaan Kentawang. Proses melamar Putri Kentawang tersebut dipercayakan kepada Arya Banjar Getas. Melihat kecantikan Putri Kentawang, Arya Banjar Getas temyata juga memiliki keinginanyang mendalam, untuk mempersuntingnya. Oleh karena itu, AryaBanjar Getas melaporkan bahwa Putri Kentawang tidak cocok  bersanding dengan raja. Laporan tersebut ditanggapi positif sehinggaPutri Kentawang diserahkan kepada Arya Banjar Getas.Setelah terjadi perkawinan AryaBanjar Getas dengan. Putri Kentawang, raja Pejanggik sempat melihat Putri Kentawang. Ternyata ia sangat tertarik, kagum dan jatuh cinta. Untuk mendapatkan Putri Kentawang, Pemban Mas Meraja Kusuma mengutus Arya Banjar Getas menjalankan sebuah misi. Dengan kepergian Arya Banjar Getas, hampir saja raja Pejanggik menodai Putri Kentawang. Sepulang dari menjalankan misi, kejadian tersebut dilaporkan Putri kentawang kepada suaminya, Arya Banjar Getas.Mendengar hal tersebut, Arya Banjar Getas marah besar. Kemudian berkembang menjadi perselisihan dan pemberontakan pada tahun 1692M. Dalam pemberontakan tersebut Arya Banjar Getas meminta bantuan kerajaan Karangasem Bali, sehinggaPejanggik dapat dikalahkan. Raja Pejanggik ditawan dan diasingkan, kemudian meninggal dunia di Ujung Karangasem. Sedangkan para bangsawan banyak yang melarikan diri ke Sumbawa. Penyerangan Karangasem bukan hanya ke Pejanggik tetapi terus dilanjutkan ke kerajaan Parwa, Sokong, Langko, dan Bayan. Semua kerajaan menyerah tanpa perlawanan yang berarti.SetelahAnakAgung Karangasem bersekutu denganArya Banjar Gems, satu persatu kedemungan se-Lombok digempur. Akhirnya pada tahun 1740 M seluruh pulau Lombok dapat ditaklukkan.

52 komentar:

  1. tentang kematian raja pejanggik menurutku keliru, aku orang asli pejanggik sendiri tidak setuju dengan cerita ditangkap dan berakhir mati raja pejanggik itu. raja pejanggik menghilang,. itu saja yang dapat saya sampaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg sdo bilang itu benar kerajaan pejanggiq tdk meninggal tpi menghilang

      Hapus
  2. Pelurusan sejarah itu sangat penting, agar tidak terjadi pembodohan.

    BalasHapus
  3. saya juga tidak setuju, kami orang pejanggiq memiliki cerita sendiri tentang pemban kami.

    BalasHapus
  4. Raja pejanggik sepengetahuan saya tidak pernah di tawan... Raja pejanggik balik ke lombok dan mengikuti perang tanding. Banyak yang keliru ceritax

    BalasHapus
  5. Karangasem bali sepengetahuan dan dari referensi buku tentang sejarah kerajaan di lombok yang saya baca tidaklah menguasai seluruh wilayah lombok, hanya wilayah barat pulau lombok saja hingga tengah, sedangkan wilayah timur tidak dapat dikuasai karena adanya bantuan dari Kerajaan Gowa sulawesi selatan yang membantu Selaparang yang akhirnya dapat mengusir Karangasem Bali dari bumi sasak.. Hanya meluruskan :)

    BalasHapus
  6. Memang penulisan sejarah sangat sensitif sekali sifatnya, terlebih bila kita cendrung membenarkan fersi sendiri. Ingat unsur subyektifitas kadang kental mewarnai dan kadang bisa mereduksi. Oleh karenanya perlu ada rekonstruksi ulang dalam penulisan sejarah lombok lewat penelitian yg lebih obyektif, sistematis dan kritis. Bila perlu dengan melibatkan segala unsur golongan masyarakat pendukung demi tercapainya hasil penelitian yg bisa diterima dan dapat dipertanggungjawabkan bersama.

    BalasHapus
  7. Memang penulisan sejarah sangat sensitif sekali sifatnya, terlebih bila kita cendrung membenarkan fersi sendiri. Ingat unsur subyektifitas kadang kental mewarnai dan kadang bisa mereduksi. Oleh karenanya perlu ada rekonstruksi ulang dalam penulisan sejarah lombok lewat penelitian yg lebih obyektif, sistematis dan kritis. Bila perlu dengan melibatkan segala unsur golongan masyarakat pendukung demi tercapainya hasil penelitian yg bisa diterima dan dapat dipertanggungjawabkan bersama.

    BalasHapus
  8. "Sya ingatkan smua rekan2,mengaku aku sbgai trah dri keturunan tertentu mndapat perhatian cukup serius dari baginda " Rasulullah' jika tidak benar maka nerakalah tempatnya kelak" kedatuan pejanggik,seleparang,sokong,sakra....lahir dari ketokohan seorang ulama yg di tuakan dan mempunyai kelebihan tertentu pada daerah trsbt,tujuan utamanya adalah mnyebarkan islam di gumi sasak..oleh karena itu tidak ada susunan pemerintahan yg hirarki dlm prjalanan kedatuan. Hanya ada sosok pemimpin..yg d hormati dan di tuakan."bukti otentik kedatuan yg d pimpin oleh seorang pemban masih terpelihara dengan baik maka dari pada itu janganlah membuat cerita2 yg tidak berdasar dan dpt d pertanggung jawabkan....

    BalasHapus
  9. "Sya ingatkan smua rekan2,mengaku aku sbgai trah dri keturunan tertentu mndapat perhatian cukup serius dari baginda " Rasulullah' jika tidak benar maka nerakalah tempatnya kelak" kedatuan pejanggik,seleparang,sokong,sakra....lahir dari ketokohan seorang ulama yg di tuakan dan mempunyai kelebihan tertentu pada daerah trsbt,tujuan utamanya adalah mnyebarkan islam di gumi sasak..oleh karena itu tidak ada susunan pemerintahan yg hirarki dlm prjalanan kedatuan. Hanya ada sosok pemimpin..yg d hormati dan di tuakan."bukti otentik kedatuan yg d pimpin oleh seorang pemban masih terpelihara dengan baik maka dari pada itu janganlah membuat cerita2 yg tidak berdasar dan dpt d pertanggung jawabkan....

    BalasHapus
  10. kalo cerita dari bayan sih 'lombok itu tidak di jajah oleh bali

    BalasHapus
  11. Raja penjanggik adalah seorang ulama besar,yang bertujuan untuk menyebarkan agama islam,
    Datu pejanggik tidak pernah di bunuh maupun ditahan,datu pejanggik dibilang menghilang namun masih ada,jangan lah buat cerita yang menyimpang tentang kerajaan datu pejanggik

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy juga keturunan dari pejanggik,nam titik saya subalen .kok lucu cerita nya.,tentang sejarah kerajaan pejanggik.

      Hapus
    2. saya kok merasa versi pelungguh ini cocok dan persis menurut keyakinan tiang....., bisa kah pelungguh ceritakan lebih lengkap... sebagai penambah reverensi pengamatan peribadi tiang....

      Hapus
  12. Saya sbagai trah Demung Tempit sebelumnya mengucapkan terima kasih atas sejarah singkat yang diutarakan penulis.
    Namun ada beberapa hal yang memang memiliki keganjilan.
    Salah satunya ialah ketika ada kalimat tertulis " Datu pejanggik diasingkan dan meninggal di karangasem ".
    Kami percaya kekuatan dan kelebihan yang dimiliki datu pejanggik tidak bisa kita pungkiri,sehingga beliau sampai detik inipun tidak ada yang mengetahui lokasi pasti dimana makam atau bukti tentang kematian beliau.
    Bahkan didaerah selatan Pujut banyak tempat-tempat yang disumpah oleh datu pejanggik.
    Salah satu lokasinya berada di Dusun Tarung-arung,dimana ada salah satu tanah yang pernah disumpah tidak bisa membuahkan tanaman seperti biasanya ( cabang yang tetap hijau,pepaya walaupun matang tapi tetap berwarna hijau ).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam dari Kelurahan Denggen Kecamatan Selong Lotim, yg juga Trah keturunan Kedemungan Tempit. Situs Bale Beleq dan Masjid Kuno nya msh ada sampai saat ini

      Hapus
  13. Kita semua masih belum tahu cerita yang sebenar nya. Namun yang perlu sampaikan bahwa tentang apa yang saya rasakan saat pertama kali mendengar tentang nama datu pejanggik dan menurut cerita ada sumur kecil bekas peninggalan beliau. Yang saat ini dikenal dengan nama lengkok toro. Inti nya adalah menurut saya datu pejanggik pasti lah orang besar.yaitu Wali Allah.

    BalasHapus
  14. Cerita yg di atas masih perlu di refisi ulang, masih banyak yg keliru..
    Menurut cerita yg saya dengar datu pejanggik itu menghilang bukan meninggal..datu pejanggik itu tidak pernah menyukai istri arya banjar getas..

    BalasHapus
  15. Datu pejanggik tidak pernah di tawan atau meninggal tp menghilang dan pada saatx nanti datu pejanggik akan kembali tapi entah kapan dia akan kembali

    BalasHapus
  16. Salah masih salah sangat salah,,,Ampure Agung Sinampure Semeton tiang laman pejanggik,,,jadinya jangan sok tau

    BalasHapus
  17. Sebenarx keturunan raja 2 pejanggik hanya d ketahui oleh keturunan raja pejanggik dan keturunan raja2 selaparang,keturunan raja2 selaparang yg ada d pedaleman wanasaba,pejeroan pancor,pejeroan kelayu mengetahui bwtul bahwa d pedaleman padamara adalah keturunan raja raja pejanggik yaitu kakakx,sedangkan d pejanggik adalah adikx,mereka adalah putera2 raja selaparang ,setelah kalah dr raja karangasem...makax orang2 wanasaba ,pancor,kelayu klu bertemu dengan keturunan raja pejanggik d pedalaman padamara langsung menyebutx dengan praya barat,,sebagai contoh ' darimana klu bertemu dengan orang pedaleman padamara,pasti jawabanx...ooop praya barat..makasih

    BalasHapus
  18. Hahaha,,, saya orang marong, leluhur saya datu guru pendete kerajaan pejanggik,,,
    Guru dari para raja pejanggik, jadi tentang kebenaran cerita kerjaan pejanggik hanya menjadi misteri,,, bahkan tidak ada yg mengetahui kebenaran ceritanya,,, apalagi berdirinya,,,, so ada lagi yg meng-klaim kerajaan pejanggik kerajaan Islam 🤭🤭🤭🤭 jadi pada ngawur,,,,, bahkan bale beleq kerajaan pejanggik pun tidak ada yg tau bentuk aslinya,,,, sekalipun orang pejanggik sendiri... Apa lagi Arya Banjar getas yg di uraikan,,, wkwkkww jauh bgt.....
    Biarlah kerajaan pejanggik jadi misteri, tapi ingat jangan di usik ya...🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya kebetulan kata mu km ini leluhur xa kan, sy cuma mau naxa 1 aja, sp nama cucu xa datu pejanggiq yg paling dia syg

      Hapus
  19. Oya satu catatan buat yg cari tau sejarah,,,, semua kerajaan Sasak Lombok di pimpin oleh keluarga dari Selaparang, bahkan kerajaan karang asem pun masih berhubungan keluarga 🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
  20. Ada Babatnya gak cerita ini atau sekedar dongeng saja, contohnya babat diponegoro yang sudah dilakukan penelitian dan memang terbukti kebenaran babat tetsebut, sejarah lombok ini masih rancu, gelar lalu dan baiq itu dapat dari mana??????? Tolong jawab siapa yang bisa, soalnya yang saya tau raja raja Lombok dulu tidak ada yang bergelar Lalu atau Baiq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum sy jawab pertaxaan anda tentang lalu dan baiq ini, sy mau taxa dulu .Km org mana?

      Hapus
    2. Kalo anda dari suku sasak pasti tau asal usul kata tsb,jika anda ingin tahu ingatlah hadis dari RASULULLAH "TUNTUTLAH ILMU SAMPAI KE LIANG LAHAT".

      Hapus
    3. Nggih coba tiyang jawab pertanyaan sanaq saudara yang bertanya darimana asalnya gelar lalu dan baiq nike, di waktu kerajaan pejanggik di serang oleh kerajaan kareng asem bali, para raden raden yang ada di kedatuan pejanggik nike di buru dan akan di bunuh, para raden nike melarikan diri ke semua pelosok daerah yang ada di lombok, pada jaman itu yang bergelar RADEN menyamarkan namanya atau menggatinya dengan LALU atau BAIQ agar tidak dibunuh, nggih mungkin itu yang tiyang tau, atau mungkin yang tiyang kesahkan adalah salah, mohon bantuannya sanaq mamiq sedurum untuk meluruskan, nurge lan ampure ping siu🙏

      Hapus
  21. Ceritanya lumayan
    Yg perlu di luruskan sangat banyak sekali seperti tertarikkan datu pejangik dgn istri arya banjar getas,datu pejanggik di tawan,di bunuh.
    Sesekali mampirlah ke pejanggik biar sanak saudara tahu perjalanan hidup datu pejangik,sanak cukup menceritan sampai datu pejanggik hilang di makam sereo'(serewa) itu sudah lumayan mantap,jika saudaraku ingin tahu sejarah lengkapnya silahkan mampir ke bale beleq pejanggik dan konsultasikan sama mangkunya dan nanti saudaraku akan dikasih tau siapa yg memegang babat tersebut,mungkin nanti saudaraku aka suruh ke TIMUR dan bertemu dgn TGH......

    BalasHapus
    Balasan
    1. insha Allah... tiang ingin mendengar kisah nya dari sumber sumber yang otentik tersebut

      Hapus
  22. Ceritanya lumayan
    Yg perlu di luruskan sangat banyak sekali seperti tertarikkan datu pejangik dgn istri arya banjar getas,datu pejanggik di tawan,di bunuh.
    Sesekali mampirlah ke pejanggik biar sanak saudara tahu perjalanan hidup datu pejangik,sanak cukup menceritan sampai datu pejanggik hilang di makam sereo'(serewa) itu sudah lumayan mantap,jika saudaraku ingin tahu sejarah lengkapnya silahkan mampir ke bale beleq pejanggik dan konsultasikan sama mangkunya dan nanti saudaraku akan dikasih tau siapa yg memegang babat tersebut,mungkin nanti saudaraku aka suruh ke TIMUR dan bertemu dgn TGH......

    BalasHapus
  23. Ceritanya lumayan
    Yg perlu di luruskan sangat banyak sekali seperti tertarikkan datu pejangik dgn istri arya banjar getas,datu pejanggik di tawan,di bunuh.
    Sesekali mampirlah ke pejanggik biar sanak saudara tahu perjalanan hidup datu pejangik,sanak cukup menceritan sampai datu pejanggik hilang di makam sereo'(serewa) itu sudah lumayan mantap,jika saudaraku ingin tahu sejarah lengkapnya silahkan mampir ke bale beleq pejanggik dan konsultasikan sama mangkunya dan nanti saudaraku akan dikasih tau siapa yg memegang babat tersebut,mungkin nanti saudaraku aka suruh ke TIMUR dan bertemu dgn TGH......

    BalasHapus
  24. kalao saya malah gak tau,saya tau alm. bapak saya di berikan keris di atas makem itu, dan beliau bilang bahwa datu pejanggik memang menghilang

    BalasHapus
  25. masih adakah keturunan raja pejanggik sampe sekarang?

    BalasHapus
  26. 😂😂🙏 lamun tiang jaq dengan biase jaq,

    BalasHapus
  27. Apakah benar Arya Banjar Getas itu sebenarnya putra dari datu pemanggil?

    BalasHapus
  28. Typo, maksud sy Putra dari Datu pejanggik yang hilang dan kembali lagi setelah dewasa

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum wr wb

    Wah wah panas dan sengit sekali ya diskusi ini, hehe masalah kerajaan pejanggik yah hmm
    Orang tua dan Leluhur" saya sih bilang gini " Allah tidak melihat manusia dari rupa ataupun kedudukan marga, yg penting tunjukkan akhlak dan selalu introspeksi diri perbaiki dan perbanyak ibadah, hehe yg penting sama" dari keturunan nabi Adam yah
    Solawat dan salam atas junjungan nabi besar Muhammad Saw, keluarga, dan sahabat beliau, beserta Wali magribi leluhur Syaikh Maulana Malik Ibrahim, balok tuan Adam dan semua keluarga besar dekat maupun jauh kerajaan Selaparang dan pejanggik, amin amin amin ,

    BalasHapus
  30. Kl saya percaya , menurut lontar babad
    Raja raja lombok adlh dari keturunan gaus abdurrazaq yg dtg dari bagdad meninggal di loang balok

    BalasHapus
  31. Kl saya percaya , menurut lontar babad
    Raja raja lombok adlh dari keturunan gaus abdurrazaq yg dtg dari bagdad meninggal di loang balok

    BalasHapus
  32. Sebenarnya datu pejanggik moksa,, beliau adalah seorang raja/datu yg memiliki ilmu agama yg cukup tinggi beliau bisa rekarnasi sama ribuan jasad, bukan lombok saja beliau pernah pimpin, tapi seluruh negeri dengan nama serta jasad yg berbeda, di sekaroh, kemulah, kerekok, gunung sasak,, ada petilasan beliau,, masih banyak lagi tempat yg lain termasuk di jawa dan aceh bahkan di bagdad irak,, beliaulah yg akan kembali kelak yg mampu menjadikan nusantara mnjadi negara gemah rifah loh jinawi, negeri yg subur sejahtra dan berkeadilan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah..... ini persis dengan yang tiang yakini... padahal tiang orang biasa... tinggal di Mataram, orang tua dari Lotim... tapi ketertarikan tiang di dorong rasa penasaran akan sejarah beliau yang sebenarnya....namun selama ini sangat sulit mendapatkan riwayat yang sesuai dengan pengamatan tiang selama ini..... terima kasih semeton... kalo boleh tau nama pelungguh dan tinggal dimana... no wa berapa... ingin tiang menggali lebih dalam ttg beliau datu pejanggik yang sebenar nya....

      Hapus
  33. Trah Mas Putra Sasak tilar Palawan hangulat rayi Mandalika tilar Goa Sasak Palawan nujeng Samudra.
    Ring Watuparang Dyah Batara Indra lan Dyah Shinta binwanayang Ama Mas Julung Rara, Ama Mas Nyake Brang Tapin ring Pejanggik.
    Begitu bunyi piagam tembaga berhurup palawa menceritakan asal usul Raja Watuparang pertama dan Raja Pejanggik. Letusan gunung samalas yang terkenal terjadi pada saat anak-anak Batara Indra memerintah.
    Piagam tembaga saat ini menjadi arsip koleksi Dinas Kebudayaan Lombok Timur.
    Silahkan cek kesana. Sejarah Lombok masih pelu Perlu kajian ulang, LETUSAN SAMALAS DAN REKONSTRUKSI SEJARAH LOMBOK.

    BalasHapus
  34. tolonglah yang bercerita kisah sejarah yang falid dong, saya jadi ndak tega sama datuk pejanggik, maksudmu apa bos

    BalasHapus
  35. Hati hati di dalam menyampaikan sejarah ,ini cerita termasuk di buat buat ,saya yang termasuk keturunannya cukup tidak terima setelah membaca ini

    BalasHapus
  36. Saya bupati lombok barat..merasa ada yang salah dgn ceritta ini mohon diluruskan

    BalasHapus